BUSINESS PLAN
Oleh
:
1.
Praditya
Agus P 10312557
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
AKUNTANSI
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era modern saat ini kebutuhan akan
sandang terutama kaos sangatlah penting bagi masyarakat. Kaos merupakan pakaian
bagian atas yang dapat menunjang kepercayaan diri dari penggunanya, dengan
model yang casual dan enak dipakai
kaos menjadi pilihan utama masyarakat yang akan bepergian santai atau sekedar
dipakai untuk dirumah. Kaos sendiri bisa diberi desain gambar yang unik sesuai
selera dengan menggunakan jasa sablon agar kaos tersebut terlihat lebih fashionable dan lebih menarik untuk
dilihat tentunya. Kaos tidak hanya dapat dipakai oleh kaum pria tetapi wanita
pun cocok untuk memakainya. Kaos sendiri didesain untuk memberikan kenyamanan
kepada penggunanya dengan bahan kain yang menyerap keringat dan memberikan rasa
dingin ketika digunakan.
Dengan latar belakang tersebut maka
tersiratlah dipikiran kami untuk membuat usaha yang bergerak dibidang
perdagangan kaos polos. Usaha yang rencananya akan kami beri nama “O.B
Polos” ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pada konsumen baik
konsumen dari jasa sablon sampai individu yang ingin membeli kaos polos yang
nyaman dan berkualitas tinggi tentunya dengan harga yang relative murah dengan
kuota banyak (grosir) atau ecer.
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa
persaingan yang ketat dalam bisnis ini mengingat sudah banyak yang menjalankan
bisnis seperti ini dimasyarakat. Oleh karena itu strategi persaingan yang
matang sangat dibutuhkan dalam bisnis ini, dan kami tidak gentar dalam melakoni
persaingan dengan perusahaan lain yang lebih lama berbisnis dibidang ini.
1.2 Tujuan
Tujuan dari usaha bisnis ini adalah:
-
Memberikan
pengalaman bagi kami bagaimana menjalankan bisnis yang bergerak dibidang kaos
polos.
-
Membuka lapangan
pekerjaan bagi masyarakat. Baik yang akan kami rekrut menjadi karyawan kami
maupun yang mau menjadi reseller dari produk kami.
-
Meningkatkan
pendapatan dan taraf hidup pengusaha.
-
Memberikan
contoh kepada masyarakat untuk menjadi pengusaha.
Dengan
demikian tujuan bisnis ini terdapat 2 aspek yaitu aspek social dan aspek
ekonomi. Pada aspek social bisnis ini dapat membantu masyarakat yang menganggur
untuk dapat bekerja sebagai karyawan atau reseller, sedangan pada aspek ekonomi
bisinis ini dapat meningkatkan taraf hidup bagi pengusaha maupun karyawan,
serta member kemudahan masyarakat dalam mencari kaos polos yang murah dan
berkualitas tinggi tentunya.
1.3 Visi dan Misi
·
Visi
-
Memberikan suatu
produk kaos yang berkualitas, nyaman dipakai, fashionable, dan trendi kepada
masyakat dengan harga yang sangat terjangkau.
·
Misi
-
Bekerja sama
dengan produsen kain yang berkualiatas.
-
Bekerja sama
dengan penjahit yang professional juga bagus dan rapi pada hasil jahitannya.
-
Bekerja sama
dengan jasa sablon yang professional dan berkualitas.
-
Memasarkan
produk dengan pengoptimalan segala aspek teknologi dan ruang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Konsep Bisnis
Konsep bisnis yang ditawarkan adalah
dengan mengambil bahan kain dari pabrik kain yang berkualitas kemudian
memasukkan ke penjahit yang dipilih untuk dibentuk menjadi kaos yang bagus dan
sesuai dengan visi perusahaan yang kemudian siap dipasarkan kemasyarakat luas.
Target pasar produk ini adalah
masyarakat umum baik yang tergolong menengah kebawah maupun menengah keatas,
karena harga yang ditawarkan relative terjangkau dan memberikan pelayanan bagi
siapapun; para pengusaha jasa sablon yang mendapat order sablon kaos dapat
mengambil kaos ditempat kami; pelajar. Pangsa pasar produk ini antara lain:
Pertama adalah para pengusaha jasa
sablon yang mendapat order sablon kaos.
Kedua adalah para pelajar yang membuat
kaos untuk kelas, kepanitiaan, dll.
2.2 Analisa SWOT
v Strength
·
Memberikan jaminan kaos yang trendi dan
fashionable.
·
Harga terjangkau.
·
Bahan baku kaos
berkualitas tinggi.
·
Dijamin mutunya.
·
Jahitan kaos
bagus dan tidak mudah lepas.
·
Barang sudah
ready stock dan siap ambil.
·
Memberikan
pelayanan desain gambar kaos.
·
Bisa memberikan
jasa sablon dengan melempar ke tukang sablon yang sudah menjadi partner bisnis
·
Sudah mempunyai
pasar sendiri karena sudah mempunyai partner bisnis tukang sablon dan penjahit
konveksi di wilayah Solo.
v
Weakness
·
Karena tergolong
baru, jadi belum terlalu dikenal
·
Kesulitan dalam
dalam transportasi untuk mengantarkan bahan baku kepada penjahit.
·
Belum mempunyai
mesin jahit sendiri
v
Opportunities
·
Melayani desain
kaos dan sablon
·
Lokasi yang
brada di tengah kota sehingga mudah ditemukan
·
Belum terlalu
banyak usaha seperti ini di kota solo.
·
Masyarakat yang umumnya suka berbelanja
kaos dengan desain yang berbeda dengan yang lain dapat dijumpai disini.
·
Banyak anak-anak
sekolah yang mendesain kaos dengan gambar yang sama dengan teman-teman
sekelasnya untuk dipakai pada acara sekolah / pada saat bermain bersama-sama
v Threat
·
Banyaknya pesaing baru yang ingin
mendirikan bisnis seperti ini.
2.3 Investasi Awal
Nama
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
|
Etalase
|
1 buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 1.500.000
|
|
Manekin
|
10 buah
|
Rp 60.000
|
Rp 600.000
|
|
Hanger baju
|
100 buah
|
Rp 2.000
|
Rp 200.000
|
|
Kalkulator
|
2 buah
|
Rp 80.000
|
Rp 160.000
|
|
Mesin kasir
|
1 buah
|
Rp 2.000.000
|
Rp 2.000.000
|
|
Bungkus plastic
|
20 lusin
|
Rp 10.000
|
Rp 200.000
|
|
Tas plastic
|
10 lusin
|
Rp 4.200
|
Rp 42.000
|
|
Buku nota
|
1 buah
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
2.4 Analisis Keuangan
2.4.1 Neraca Awal Usaha
2.4.2 Rincian Bahan Baku
2.4.4 Proyeksi Keuangan
2.4.5 Perhitungan
Depresiasi
2.4.6 Estimasi
Penjualan
2.5 Analisis Kelayakan
Investasi
2.5.1 Payback Period
2.5.2 ARR
2.5.3 NPV
BAB III
PENUTUP
Dengan
melihat hasil analisis keuangan dan investasi pada rencana usaha kaos polos
tersebut, maka usaha ini layak untuk dijalankan. Begitu juga dengan besarnya
peluang yang ada untuk kelangsungan usaha ini di masa depan. Demikian proposal
business plan ini kami buat dengan harapan dapat segera direalisasikan. Atas
perhatian dan kerjasamanya ,saya ucapkan terima kasih