BAB
I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Di
era modern saat ini kebutuhan akan sandang terutama kaos sangatlah penting bagi
masyarakat. Kaos merupakan pakaian bagian atas yang dapat menunjang kepercayaan
diri dari penggunanya, dengan model yang casual
dan enak dipakai kaos menjadi pilihan utama masyarakat yang akan bepergian
santai atau sekedar dipakai untuk dirumah. Kaos sendiri bisa diberi desain
gambar yang unik sesuai selera dengan menggunakan jasa sablon agar kaos
tersebut terlihat lebih fashionable dan
lebih menarik untuk dilihat tentunya. Kaos tidak hanya dapat dipakai oleh kaum
pria tetapi wanita pun cocok untuk memakainya. Kaos sendiri didesain untuk
memberikan kenyamanan kepada penggunanya dengan bahan kain yang menyerap
keringat dan memberikan rasa dingin ketika digunakan.
Dengan
latar belakang tersebut maka tersiratlah dipikiran kami untuk membuat usaha
yang bergerak dibidang perdagangan kaos polos. Usaha yang rencananya akan kami
beri nama “O.B Polos” ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pada
konsumen baik konsumen dari jasa sablon sampai individu yang ingin membeli kaos
polos yang nyaman dan berkualitas tinggi tentunya dengan harga yang relative
murah dengan kuota banyak (grosir) atau ecer.
Memang
tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan yang ketat dalam bisnis ini mengingat
sudah banyak yang menjalankan bisnis seperti ini dimasyarakat. Oleh karena itu
strategi persaingan yang matang sangat dibutuhkan dalam bisnis ini, dan kami
tidak gentar dalam melakoni persaingan dengan perusahaan lain yang lebih lama
berbisnis dibidang ini.
Tujuan
Tujuan
dari usaha bisnis ini adalah:
-
Memberikan
pengalaman bagi kami bagaimana menjalankan bisnis yang bergerak dibidang kaos
polos.
-
Membuka lapangan
pekerjaan bagi masyarakat. Baik yang akan kami rekrut menjadi karyawan kami
maupun yang mau menjadi reseller dari produk kami.
-
Meningkatkan
pendapatan dan taraf hidup pengusaha.
-
Memberikan
contoh kepada masyarakat untuk menjadi pengusaha.
Dengan
demikian tujuan bisnis ini terdapat 2 aspek yaitu aspek social dan aspek ekonomi.
Pada aspek social bisnis ini dapat membantu masyarakat yang menganggur untuk
dapat bekerja sebagai karyawan atau reseller, sedangan pada aspek ekonomi
bisinis ini dapat meningkatkan taraf hidup bagi pengusaha maupun karyawan,
serta member kemudahan masyarakat dalam mencari kaos polos yang murah dan
berkualitas tinggi tentunya.
Visi dan Misi
·
Visi
-
Memberikan suatu
produk kaos yang berkualitas, nyaman dipakai, fashionable, dan trendi kepada
masyakat dengan harga yang sangat terjangkau.
·
Misi
-
Bekerja sama
dengan produsen kain yang berkualiatas.
-
Bekerja sama
dengan penjahit yang professional juga bagus dan rapi pada hasil jahitannya.
-
Bekerja sama
dengan jasa sablon yang professional dan berkualitas.
-
Memasarkan
produk dengan pengoptimalan segala aspek teknologi dan ruang.
Konsep Bisnis
Konsep
bisnis yang ditawarkan adalah dengan mengambil bahan kain dari pabrik kain yang
berkualitas kemudian memasukkan ke penjahit yang dipilih untuk dibentuk menjadi
kaos yang bagus dan sesuai dengan visi perusahaan yang kemudian siap dipasarkan
kemasyarakat luas.
Target
pasar produk ini adalah masyarakat umum baik yang tergolong menengah kebawah
maupun menengah keatas, karena harga yang ditawarkan relative terjangkau dan
memberikan pelayanan bagi siapapun; para pengusaha jasa sablon yang mendapat
order sablon kaos dapat mengambil kaos ditempat kami; pelajar.
Pangsa
pasar produk ini antara lain:
Pertama
adalah para pengusaha jasa sablon yang mendapat order sablon kaos.
Kedua
adalah para pelajar yang membuat kaos untuk kelas, kepanitiaan, dll.
Analisa SWOT
v Strength
·
Memberikan jaminan kaos yang trendi dan
fashionable.
·
Harga terjangkau.
·
Bahan baku kaos
berkualitas tinggi.
·
Dijamin mutunya.
·
Jahitan kaos
bagus dan tidak mudah lepas.
·
Barang sudah
ready stock dan siap ambil.
·
Memberikan
pelayanan desain gambar kaos.
·
Bisa memberikan
jasa sablon dengan melempar ke tukang sablon yang sudah menjadi partner bisnis
·
Sudah mempunyai
pasar sendiri karena sudah mempunyai partner bisnis tukang sablon dan penjahit
konveksi di wilayah Solo.
v
Weakness
·
Karena tergolong
baru, jadi belum terlalu dikenal
·
Kesulitan dalam
dalam transportasi untuk mengantarkan bahan baku kepada penjahit.
·
Belum mempunyai
mesin jahit sendiri
v
Opportunities
·
Melayani desain
kaos dan sablon
·
Lokasi yang
brada di tengah kota sehingga mudah ditemukan
·
Belum terlalu
banyak usaha seperti ini di kota solo.
·
Masyarakat yang umumnya
suka berbelanja kaos dengan desain yang berbeda
dengan yang lain dapat dijumpai disini.
·
Banyak anak-anak sekolah yang mendesain kaos dengan
gambar yang sama dengan teman-teman sekelasnya untuk dipakai pada acara sekolah
/ pada saat bermain bersama-sama
v
Threat
·
Banyaknya
pesaing baru yang ingin mendirikan bisnis seperti ini.
Biaya Tetap
Nama
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
|
Etalase
|
1 buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 1.500.000
|
|
Manekin
|
10 buah
|
Rp 60.000
|
Rp 600.000
|
|
Hanger baju
|
100 buah
|
Rp 2.000
|
Rp 200.000
|
|
PC
|
1 buah
|
Rp 3.000.000
|
Rp 3.000.000
|
|
Bungkus plastic
|
20 lusin
|
Rp 10.000
|
Rp 200.000
|
|
Tas plastic
|
10 lusin
|
Rp 4.200
|
Rp 42.000
|
|
Kalkulator
|
2 buah
|
Rp 80.000
|
Rp 160.000
|
|
Buku nota
|
1 buah
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
|
Mesin kasir
|
1 buah
|
Rp 2.000.000
|
Rp 2.000.000
|
|